4 Tips Penting Untuk Managemen Gudang Logistik Biar Efektif

Manajemen logistik bisa menjadi salah satu tugas terberat yang bisa membuat kita frustasi dan berbiaya mahal jika tidak ditangani dengan sebaik-baiknya.

Sangat penting untuk memastikan bahwa transit barang dan aktivitas logistik ini tetap hemat biaya tanpa menghilangkan unsur kemudahan di dalamnya.

Faktanya, kemudahan dan kehematan berbanding lurus. Saat semuanya serba mudah dan cepat, maka waktu dan biaya bisa dihemat sebaik mungkin.

Untuk melakukannya, maka harus didukung oleh manajemen logistik dan fitur pergudangan secara maksimal.

Fitur yang lengkap bisa kamu dapatkan dengan menghubungi penyedia gudang dari Mega Manunggal Property sebagai penyedia gudang di Indonesia.

Sebagai informasi, perusahaan Mega Manunggal Property merupakan gudang multi-tenant, yakni pergudangan yang hemat dan efektif karena dirancang untuk banyak tenant, dan multi-tenant sebagai tawaran fleksibilitas dalam hal ruang dan sewa.

4 Langkah Managemen Pergudangan

Setelah mendapatkan gudang logistik dan fitur yang ada di dalamnya, maka bisa dilanjutkan dengan melakukan beberapa langkah dan tips seperti berikut ini:

Perencanaan yang Tepat

Rencana tersebut haruslah mampu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan barang untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lainnya.

Semakin optimal, maka akan semakin menghemat waktu dan tenaga transportasi yang dibutuhkan.

Pilih Staff yang Cerdas

Manajer dan tim yang menangani klien haruslah memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik.

Setiap kali ada yang tidak sesuai rencana, maka pastikan klien kita tidak menjadi panik. Dengan begitu, staff cerdas haruslah mampu menangani dan menghadapi hal-hal yang tak terduga di lapangan.

Otomatisasi

Melakukan sebagian besar aktivitas secara manual pastinya hanya akan membuang waktu dan meningkatkan biaya.

Makanya, gunakan sistem otomatis seperti menggunakan internet marketing dan menyematkan pelacak GPS pada kendaraan logistik kita.

Dengan begitu, kita tak perlu menghubungi supir untuk menanyakan lokasi mereka setiap saat. Cukup fokuskan saja pada manajemen gudang logistik agar alur barang tetap sesuai dan tepat waktu.

Transportasi yang Efisien

Jika kendaraan sesuai dengan tempatnya, maka bisa menumbuhkan hasil yang efisien. Misalnya, gunakan forklift di dalam gudang tersebut atau manfaatkan rak portable biar pemindahan barang dari satu rak ke rak lain tidak menghabiskan banyak waktu.