5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Kalau Mau Cicil Motor Online

unnamed 2

Popularitas layanan cicilan online yang semakin naik, sekarang memungkinkan siapapun untuk bisa ambil cicilan hal-hal yang dibutuhkannya. Bukan cuma gadget, tapi termasuk juga kendaraan seperti motor. Yak, kamu nggak salah baca, kok. Sekarang cicilan motor online sudah bisa dilakukan di berbagai e-commerce dengan metode cicilan khusus. 

Sekilas, cicilan motor online tampak menggiurkan, ya. Bisa beli motor dari rumah, lewat situs e-commerce, lalu barang langsung diantar ke rumah. Nggak perlu datang ke dealer, isi pengajuan cicilan, survei, dan lain sebagainya. Sayangnya, kenyataannya tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan baik-baik jika mau ambil cicilan motor online supaya nggak kecewa atau bahkan rugi. 

Apa saja hal tersebut? Yuk simak!

 

Cicil motor baru atau bekas?

Hal pertama yang perlu dipikirkan saat mau cicil motor online adalah: mau ambil motor baru atau bekas? Sebab, ini akan sangat menentukan harga jual dan cicilan yang bisa kamu dapatkan. 

Selain itu, tidak semua e-commerce yang punya produk motor memiliki motor bekas. Kalau pun ada, biasanya dijual oleh seller non-official dari distributor atau brand motor terkait. Ini artinya, kamu perlu lebih berhati-hati terutama terkait kondisi kendaraan, harga, hingga garansinya. 

 

Layanan cicilan onlinenya mau pakai apa?

Tokopedia, Blibli, JD.id, dan Lazada adalah empat dari beberapa e-commerce lain yang menjual produk dengan cicilan motor. Seperti e-commerce pada umumnya, banyak metode pembayaran cicilan yang tersedia di keempat e-commerce tersebut. Yang paling umum tentu saja dengan kartu kredit bank. Yang terbaru, ada juga layanan cicilan online dengan menggunakan pihak ketiga atau fintech seperti Kredivo

Kredivo adalah fintech populer untuk cicilan online yang sudah menjalin kemitraan dengan berbagai merchant ternama, termasuk keempat e-commerce di atas. Selain itu, limit yang bisa diberikan Kredivo juga besar, maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Ini artinya, kalau kamu punya limit dengan jumlah tersebut, angkanya masih masuk dengan harga motor matic standar. 

Dengan opsi tersebut, kamu perlu mempertimbangkan, mau pilih cicilan motornya pakai apa? Kartu kredit, Kredivo, atau layanan lain yang disediakan masing-masing e-commerce? Apapun pilihannya, pastikan kamu sudah menyiapkan akses kreditnya lebih dulu. Misalnya tertarik pakai Kredivo, artinya kamu juga perlu punya dan daftar akun Kredivo dari sekarang. 

 

Limit cicilan dan tenornya apakah memadai?

Selain memastikan kamu punya akses cicilannya, limit cicilan juga harus diperhatikan. Sebab, tanpa limit yang cukup, proses cicilan motor juga tidak akan bisa dilakukan. 

Hal lain yang perlu dijadikan pertimbangan adalah tenor yang tersedia untuk cicilan motor online. Jika menggunakan fintech, tenornya biasanya terbatas. Seperti Kredivo yang memiliki tenor maksimal hanya sampai 12 bulan untuk cicilan dengan bunga 2.6%. 

Dengan tenor yang terbatas, otomatis, angsuran per bulan yang harus kamu bayar untuk cicilan motor akan lebih besar dibanding kalau bisa cicilan 2 tahun sampai 3 tahun. Kembali lagi, ini perlu disesuaikan dengan kesiapan finansialmu. 

 

Bagaimana mengecek unit motornya?

Salah satu kekurangan yang perlu kamu hadapi saat membeli motor online adalah pengecekan unit yang baru bisa dilakukan ketika motor datang. Terlebih jika motornya motor bekas. Selain harus bergantung pada deskripsi penjual, kamu juga perlu sigap mengecek ketika motor datang dan mengajukan komplain ke penjual apabila terdapat cacat pada unit motor. Untuk mengatasi ini, kamu juga bisa memilih seller yang official dan dapat memberikan garansi resmi untuk cacat unit. 

 

Berapa lama proses pengambilan cicilan motornya?

Meski nggak selama proses pengambilan cicilan motor lewat dealer, kamu juga perlu mencari tahu seberapa lama proses cicilan motor secara online. Mulai dari pendaftaran layanan cicilan, proses administrasi di seller, hingga proses pengiriman barang. Dengan mengetahui estimasi waktunya, kamu juga akan punya penilaian yang valid apakah worth it atau enggak untuk mengambil cicilan motor secara online. Bukan hanya perkara praktis dan mudahnya aja.

Selain itu, pastikan juga ada garansi yang menyertai proses pembelian agar transaksi jadi lebih aman, ya.