5 Tips Memilih Kamera Sony

main image

Bagi pengguna yang belum pernah menggunakan produk dari brand Sony, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips yang dapat digunakan guna memilih kamera dari pabrikan tersebut. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dimanfaatkan untuk memilah produk terbaik dari Sony.

 

  • Pilih Kamera Sony yang Sesuai Kegunaan

 

Langkah pertama yang harus pengguna ketahui agar dapat memilih kamera yang sesuai adalah dengan cara mengetahui kapan dan dimana nantinya kamera akan digunakan. Jika pengguna sering menggunakan kamera ketika siang hari, maka pengguna dapat memilih kamera DSLR lensa normal.

Sedangkan bagi pengguna yang terbiasa mengambil gambar ketika malam hari, maka kamera dengan tambahan fitur lampu flash tentu dapat dijadikan pilihan terbaik. Karena saat malam datang, tentu cahaya dari sekitar tidak banyak dan membutuhkan tambahan cahaya dari lampu kamera.

Mengetahui kegunaan dari kamera juga bertujuan agar pengguna bisa menimbang sesuai harga dan biaya yang dimiliki. Karena dengan pengetahuan tersebut pengguna dapat melakukan audit pada biaya yang harus dikeluarkan saat membeli perangkat kamera.

 

  • Pilih Lensa Sony Sesuai Kebutuhan

 

Selanjutnya adalah memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tergantung dari seberapa dekat atau jauh pengguna pada objek yang akan dipotret. Jika pengguna sering memotret objek dalam jangkauan normal, yaitu berkisar antara 5-30 meter bisa menggunakan lensa fix 30mm.

Sedangkan bagi pengguna yang biasanya mengambil gambar suatu objek dari jarak jauh, misalnya objek bergerak dan juga objek yang memiliki pergerakan cepat. Maka pengguna bisa memakai lensa tele dengan panjang minimal 50mm agar ketika melakukan zoom hasil gambar tetap jelas.

Kebutuhan akan lensa tentu bervariasi dari satu pengguna ke pengguna lain. Oleh karena itu, mengetahui kebutuhan lensa akan menambah khazanah pengetahuan dan juga keilmuan pada dunia fotografi.

 

  • Pilih Baterai yang Pas

 

Untuk seseorang yang sering melakukan pengambilan gambar di alam liar atau pada tempat dimana tidak tersedia banyak sumber untuk mengisi ulang daya. Maka pemilihan baterai tentu bisa menjadi hal yang krusial dimana baterai standar tidak mampu membuat kamera Sony terus hidup.

Tentu diperlukan baterai tambahan agar pengguna bisa senantiasa membuat kamera standby selama mungkin dan bisa terus memotret objek yang diinginkan. Pemilihan baterai juga berpengaruh pada awet tidaknya kamera, karena lampu flash yang ada di kamera juga menggunakan fitur baterai.

Sony mengeluarkan produk baterai dengan ketahanan mencapai 24 jam penggunaan untuk ukuran jumbo, dan penggunaan hingga 12 jam untuk baterai berukuran normal. Selanjutnya, Sony juga memproduksi baterai dengan kemampuan yang dapat di isi ulang menggunakan daya solar.

 

  • Gunakan Aksesoris Official

 

Kelebihan yang dimiliki oleh barang tambahan dari produk Sony adalah ketahanan dan keawetan serta garansi. Sony selalu memberikan pengalaman yang baik untuk para pengguna agar mereka bisa terus kembali dan mencoba produk dari Sony.

Hal itu bisa terjadi karena Sony tidak menganjurkan pelanggan mereka untuk mencoba produk bajakan agar terhindar dari kerusakan, dan juga kekecewaan karena barang tidak berasal dari Sony. Aksesoris dari Sony memiliki beberapa perbedaan dengan versi palsu, misalnya seperti QR Code.

 

  • Bersihkan Kamera Sony Secara Berkala

 

Apabila pengguna ingin mencoba kamera Sony, maka pastikan bahwa kamera selalu dalam keadaan bersih dan terawat. Lakukan pembersihan minimal sebulan sekali untuk memastikan bahwa perangkat tidak ditumbuhi oleh jamur dan tidak dihinggapi oleh debu dari daerah sekitar.

Perawatan kamera bisa menggunakan sikat khusus atau alat yang dapat menyerap debu dan menghisap jamur-jamur di sekitar kamera. Dengan membersihkan kamera, maka penggunaan dan daya hidup kamera akan menjadi lebih lama.