6 Tips Rahasia Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Tahi lalat normalnya tak berbahaya. Namun, sebagian orang merasa risih dengan keberadaan tahi lalat dan bahkan tidak percaya diri. Lalu, bagaimana cara menghilangkan tahi lalat? Itulah yang akan kita bahas di sini.

Tentang Tahi Lalat

Tahi lalat adalah kondisi pada kulit yang umum terjadi dan tidak berbahaya (jinak). Ada juga keratosis seboroik, lentigin jinak, tanda kulit, dan bintik-bintik, selain tahi lalat. Biasanya, tahi lalat berwarna hitam atau coklat dan bisa muncul di area kulit mana saja, baik sendirian maupun berkelompok. Tahi lalat sebagian besar muncul pada anak usia dini hingga dewasa usia di bawah 25 tahun. Jika seseorang punya 10 sampai 40 tahi lalat, hal itu normal. Tahi lalat bisa membesar dan berubah warna seiring berjalannya waktu. Bahkan, tahi lalat juga bisa tumbuh pada rambut.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Dalam artikel kesehatan ini, kami jelaskan beberapa cara alami untuk menghilangkan tahi lalat:

  1. Madu

Sifat anti-bakteri & penyembuhannya membuat madu bisa menghilangkan tahi lalat. Dicampur dengan sedikit minyak biji jerami, oleskan ke area tahi lalat di tubuh.

  1. Tea Tree Oil

Ini adalah minyak esensial yang dikenal dengan sifat anti-mikroba & anti-inflamasi-nya. Mengoleskan tea tree oil ke tahi lalat setiap hari dipercaya bisa menghilangkannya. Namun, berhati-hatilah karena minyak ini bisa membuat iritasi & beracun kalau tertelan.

  1. Lidah Buaya

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah bisa menghilangkan tahi lalat. Pastikan kalian tidak alergi dengan lidah buaya.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi masalah kulit, termasuk menghilangkan tahi lalat. Jika tidak hilang sepenuhnya, setidaknya ukuran tahi lalat berkurang sedikit demi sedikit dengan mengoleskannya ke area tahi lalat secara rutin.

  1. Kulit Pisang

Percaya gak percaya, kulit pisang dapat menghilangkan tahi lalat karena mengandung enzim & asam tertentu. Kulit pisang juga berfungsi melembabkan kulit secara alami.

Selain dengan bahan-bahan di atas, masih ada beberapa bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan tahi lalat seperti minyak kemenyan, kentang, dan minyak oregano.

Cara Cepat Menghilangkan Tahi Lalat

Selain dengan cara alami, ada juga cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat yaitu sebagai berikut:

  1. Megikis tahi lalat

Untuk mengiris tahi lalat, dokter akan menggunakan alat tipis mirip pisau cukur, setelah diberi obat anestesi sebelumnya.

  1. Menghilangkan tahi lalat dengan jahitan

Cara lain adalah dengan pemotongan, yang memerlukan jahitan, biasanya  di daerah sensitif. Dengan proses ini, dokter bedah akan memetakan tahi lalat, membersihkan daerah tersebut, kemudian mematikan jaringannya.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan tahi lalat yang bisa kami bagikan melalui artikel kesehatan ini. Perlu diketahui, tahi lalat bisa termasuk kanker yang akan terus membesar. Untuk mengujinya, dokter biasanya melakukan biopsi, yakni mengeluarkan sepotong tahi lalat dan diuji dengan mikroskop.