Akibat bayi tidur dengan dot

babyhuki.co.id – Kemungkinan bayi Anda tidur nyenyak dengan dot bisa sangat berkurang saat dia pilek. Jika anak sedang pilek, akan sulit baginya untuk bernapas melalui hidung. Ini berarti bahwa hal yang paling alami baginya adalah bernapas melalui mulutnya.

Untuk ini, bayi perlu tidak tidur dengan dot, sehingga ia dapat bernapas dengan tenang. Tetapi melepas dot saat bayi pilek bisa jadi sulit. Bayi mungkin sudah mudah tersinggung dan tidak nyaman, dan melepas dot dapat meningkatkan ketidaknyamanan ini.

Kontra dari dot

Meskipun dot memiliki beberapa kelebihan, dot juga memiliki kekurangan.

  1. Infeksi telinga

Tahukah Anda bahwa bayi yang tidur dengan dot dua kali lebih mungkin terkena infeksi telinga?

  1. Masalah gigi

Penggunaan dot secara terus-menerus dapat memiliki efek berbahaya pada perkembangan gigi bayi Anda. Jika bayi Anda sudah bergantung pada dot, cobalah melepasnya setidaknya enam bulan sebelum ulang tahunnya yang kedua.

  1. Dapat dikacaukan dengan puting

Jika bayi Anda masih menyusui dan menggunakan dot sementara itu, kemungkinan dia akan bingung membedakan dot dengan puting susu. Mengisap dot menenangkannya, tetapi tidak memberinya makanan. Ini berarti bahwa bayi mungkin mulai lebih menyukai dot daripada menyusu. Dengan cara ini bayi akan tenang, tetapi tidak kenyang. Sebaliknya, jika bayi menolak menyusu, lebih memilih dot, hal ini dapat berdampak negatif pada ASI. Jumlah susu yang Anda hasilkan tergantung pada seberapa banyak bayi mengisap. Begitu bayi berhenti mengisap, produksi ASI juga akan berhenti.

Anda mungkin tertarik pada: Cara membuat bayi tidur: posisi yang benar dan salah

Cara melepas dot dari bayi

Meskipun pasti akan sulit, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melepaskan dot dari bayi Anda:

  • Lepaskan sebelum menjadi kebiasaan
  • Tegas
  • Suruh dia berhenti sebelum dia berusia satu tahun
  • Beri anak waktu untuk membiasakan diri
  • Pilih waktu di mana anak paling tidak mudah tersinggung
  • Belajarlah untuk mengalihkan perhatiannya
  • Tingkatkan waktu Anda tidak menggunakan dot secara bertahap
  • Jika anak lebih besar, ceritakan masalahnya dan singkirkan

Kiat dan trik ini benar-benar dapat membantu Anda mengeluarkan bayi dari kebiasaan minum dot. Jelas, itu akan sulit pada awalnya dan Anda harus siap untuk air mata dan air mata. Tapi begitu bayi terbiasa tidur tanpa dot, itu akan cepat menjadi kebiasaan yang baik.