Apa Itu Perbankan Digital

Salah model perbankan yang bisa jadi media bagi masyarakat untuk bisa menyimpan aset adalah model perbankan Digital. Tapi, sebenarnya apa itu perbankan Digital? Kenapa belakangan sistem ini begitu digandrungi oleh masyarakat, khususnya bagi generasi milenial?

Untuk menjawab pertanyaan dan tantangan akan teknologi, para penyedia layanan dan jasa penyimpanan aset telah melakukan banyak riset. Perbankan Digital adalah satu dari sekian banyak layanan yang tidak memerlukan uang fisik sebagai media pembayaran.

Perbankan Digital dan Pengaruhnya Pada Masyarakat

Dikutip dari perbankan.xyz, apabila perbankan Konvensional lebih menitik beratkan sistem keuangan pada penyimpanan nasabah secara nyata, dengan menggunakan sistem temu antar perseorangan. Maka perbankan Digital tidak memerlukan langkah itu, dan mengubahnya jadi sebuah payment gateway.

Maksud dari langkah ini adalah, nasabah tidak perlu menunggu dan mengantri terlalu lama hingga bisa bertemu teller di dalam bank untuk menabung atau mengambil uang. Pengguna tinggal memasukkan beberapa digit kode yang jadi persetujuan ke dalam rekening Digital milik pengguna.

Lalu pengguna sudah bisa langsung melihat hasil dari input tersebut berupa tampilan saldo digital yang pengguna miliki. Sistem perbankan Digital tentu memudahkan pengguna yang tidak sempat datang ke bank untuk menginvestasikan aset.

Alih-alih menghabiskan waktu untuk mengantri, pengguna bisa mengubah waktu tersebut untuk kegiatan yang lebih produktif. Pengguna tinggal menyerahkan sejumlah uang untuk ditransfer pada mesin, dan kemudian sudah bisa menarik dana dari mana saja.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem bank Digital adalah pengguna tidak memerlukan akses kartu fisik, atau tabungan yang harus dibawa kemana-mana. Fungsi dari kartu fisik dan buku tabungan sudah berubah menjadi akun yang pengguna miliki dalam perangkat Digital.

Pengguna tinggal mengkoneksikan akun dengan internet, dan biarkan akun tersebut berjalan secara real time di latar belakang gawai. Jika suatu saat pengguna membutuhkan dana untuk membeli barang atau membeli aset lain, maka pengguna tinggal melakukan beberapa klik saja.

Itulah yang dimaksud dengan apa Itu perbankan Digital. Yaitu sebuah langkah inovasi dari sistem perbankan Konvensional untukĀ  memudahkan nasabah, terutama nasabah generasi Y dan generasi Z.