Panduan Budidaya Sapi Potong yang Menjanjikan

Cara budidaya sapi potong yang baik akan memberikan hasil panen yang menjanjikan. Sapi pedaging merupakan jenis sapi yang diambil khusus dagingnya saja. Sehingga penting memperhatikan tujuan usaha ternak yang kita jalankan.

Biasanya menjadi salah satu komoditas yang besar nilai jualnya, dimana untuk segi perawatannya sendiri juga terbilang cukup rumit, dan memerlukan cara tersendiri untuk bertenak sapi potong ini.

Untuk anda yang ingin mencoba beternak sapi potong, maka berikut ini, adalah beberapa ulasannya untuk apa saja referensi panduan umum ternak sapi potong, yang bisa dicoba sendiri.

Referensi Panduan Umum Ternak Sapi Potong

Untuk anda yang sedang mencari referensi panduan umum ternak sapi potong sebenarnya bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. Berikut ini beberapa hal penting budidaya sapi potong yang perlu kita perhatikan.

Memilih Bakalan

Hal lainnya yang menjadi panduan umum dalam beternak sapi potong adalah dalam memilih bakalan. Bibit unggul yang baik, tentu saja mesti dipilih dengan sejumlah ciri-ciri.

Misalnya saja kulitnya yang mulus, tidak adanya parasit, hingga pernafasan baik dan tidak mengeluarkan lendir pada hidungnya. Selain itu, untuk tipe matanya sendiri, bersih dan tidak adanya kotoran.

Pemberian Pakan

Pada pemberian pakan konsentrat, anda bisa memberikannya secara berkala, agar program penggemukan sapi berhasil. Anda bisa membuat pakan sendiri atau membelinya dari tempat yang jual pakan ternak murah terdekat.

Pakan konsentrat ini, biasanya memiliki kadar protein sebesar 12 persen dari total zat dalam pakan, dan juga bentuk pakan konsentratnya sendiri dalam bentuk kering, agar enzim dari ludah sapi bisa tumbuh dalam ramen sapi.

Untuk kuotanya sendiri, sebesar 10 persen dari bobot tubuh sapi dalam pemberian pakannya. Sementara untuk pakan hijau daun dan rerumputan sendiri, diberikan pada 2-3 jam setelah memberikan pakan konsentrat.

Perawatan Umum

Cara budidaya sapi potong yang juga penting adalah rajin melakukan perawatan secara umum. Seperti melakukan vaksinasi dan juga pemberian obat cacing. Begitu juga pembersihan kandang sapi setiap hatinya agar sapi tidak mengalami stress.

Menjaga kebersihan kandang penting agar terhindar dari virus antrax hingga sapi gila. Ini merupakan hal penting dalam hal perawatan umum dalam beternak sapi potong. Membersihkan tubuh sapi 1-2 hari sekali juga tak kalah pentingnya untuk dilakukan.

Sekian ulasan mengenai panduan umum budidaya sapi potong yang bisa anda coba lakukan. Selamat mencoba.