Cara Import Barang dari Marketplace China Menggunakan Jasa Forwarder

Barang dari Alibaba, AliExpress, 1688.com , Taobao, dll bisa dikirim langsung ke Indonesia.Jika barang yang Anda pesan dari Alibaba sangat kecil (di bawah US$100), jangan khawatir barang tidak sampai. Namun, jika Anda ingin mengimpor barang dalam jumlah besar dan harga invoice yang cukup besar, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan jasa pengiriman barang agar barang dapat sampai ke tujuan Anda di Indonesia dengan lancar.

 

Jika Anda tidak menggunakan jasa pengiriman barang untuk pengiriman dalam jumlah besar, barang tersebut dapat tersangkut di bea cukai. Anda perlu membayar pajak dan biaya lainnya untuk mengirimkan barang. Jika tidak ingin repot mengurusi semua ini, sebaiknya menggunakan jasa ekspedisi/pengiriman barang import grosir.

Dengan menggunakan jasa transshipment, harga yang diberikan sudah termasuk semuanya (ALL IN). Anda tidak perlu repot berurusan dengan bea cukai, dan Anda tidak perlu khawatir dengan besarnya bea masuk dan pajak, karena semuanya menjadi tanggung jawab pihak ekspedisi. Layanan pengiriman barang Alibaba mengadopsi sistem layanan door-to-door.

 

Layanan pengiriman barang Alibaba, 1688, AliExpress dan Taobao menyediakan rute udara dan laut.

  • Angkutan udara digunakan untuk kargo kecil atau jenis kargo yang mendesak atau sangat dibutuhkan, dihitung per kilogram.
  • Kargo udara diperkirakan memakan waktu 5-7 hari kerja untuk tiba.
  • Via laut digunakan untuk barang dalam jumlah besar, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah, dihitung per meter kubik (M3).
  • Diperkirakan angkutan laut akan memakan waktu 4-6 minggu untuk tiba.

(Catatan: Jika dalam keadaan garis merah, waktu pengiriman akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini)

 

Menggunakan program jasa ekspedisi/pengiriman barang impor grosir, yaitu:

1. Untuk barang yang Anda beli dari Alibaba, instruksikan penjual untuk mengirimkannya ke gudang pengiriman barang kami di China (Guangzhou)
** Alamat gudang akan diberikan oleh pengirim barang setelah Anda menegosiasikan harga, dan kode akan dilampirkan.

2. Penjual mengirimkan barang ke pengirim barang gudang
** Jangan lupa lampirkan kode tag dan mintalah tracking number atau bill of lading setelah barang sampai di gudang, agar pihak forwarder dapat melacak lokasi barang Anda, terlepas dari apakah barang sudah sampai.

3. Pihak Forwarder akan bertanggung jawab untuk angkutan udara atau angkutan laut ke Jakarta

4. Setelah barang tiba di Jakarta (bandara/pelabuhan), freight forwarder akan bertanggung jawab atas proses kepabeanan, dokumen kepabeanan, dll.

5. Setelah tahap kepabeanan selesai maka barang akan dibawa oleh pihak ekspedisi, jika barang sudah sampai di gudang ekspedisi di Jakarta, pihak ekspedisi akan menghubungi Anda

6. Anda akan mengenakan biaya berdasarkan barang yang telah dikeluarkan. Setelah pembayaran selesai, barang akan dikirim ke alamat tujuan Anda.