Cara Mudah Memilih Bibit Belut yang Unggul dan Berkualitas

Bibit belut merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak penggemar. Meski bentuknya unik karena tidak memiliki tulang, rasa gurih daging belut mampu mengalahkan penampakannya yang kurang menarik.

Olahan ikan belut biasanya digoreng dengan tepung. Ikan belut goreng tepung bisa dijadikan cemilah maupun lauk dan dimakan bersama nasi hangat. Rasa kriuk dan gurihnya daging belut dijamin membuat orang ketagihan.

Tidak heran jika banyak orang yang memiliki usaha menjual olahan ikan belut tersebut. Berangkat dari sana, maka permintaan ikan belut diantara peternak ikan juga bertambah.

Cara Memilih Bibit Belut Unggul

Anda yang ingin beternak ikan belut sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut untuk mendapatkan bibit ikan yang berkualitas. Karena jika bibit tidak berkualitas maka hasil ternak juga tidak optimal.

1.Sehat dan Tidak Ada Bekas Luka

Hal pertama yang harus anda perhatikan pastikan bibit belut sehat serta tidak memiliki bekas luka. Biasanya, bekas luka pada belut diperoleh akibat pukulan benda keras atau bisa juga karena disetrum.

Bibit ikan belut yang diperoleh dengan cara disetrum tidak akan langsung menampakkan bekas luka. Bekas luka akan tampak sekitar 10 hari kemudian.

Bekas luka setrum pada belut biasanya berbentuk bintik putih yang menyerupai garis dan lama-lama akan jadi merah. Jika begini, belut tersebut mengalami kerusakan syaraf yang menyebabkan pertumbuhannya tidak maksimal.

2.Ukuran Bibit Sama dan Dikarantina

Untuk mendapatkan bibit belut dengan ukuran sama maka diperlukan proses karantina. Karantina tersebut dilakukan di sebuah kolam dengan air jernih yang mengalir.

Belut yang dimasukkan ke dalam kolam sebaiknya memiliki ukuran sama untuk menghindari kanibalisme belut. Selain itu, bibit yang diperoleh dari tangkapan alam harus disortir terlebih dahulu.

3.Tingkat Kepadatan

Perhatikan kolam bibit belut. Sama seperti tempat yang jual bibit lele, untuk bibit belut juga membutuhkan ruang gerak. Jika kolam terlalu padat dikhawatirkan bibit tersebut stress sehingga pertumbuhannya tidak optimal.

Pilihlah peternak bibit yang memelihara bibit ikan belut dengan tingkat kepadatan normal. Agar kelak bibit tersebut bisa tumbuh secara maksimal di kolam anda dan menghasilkan untung yang lumayan.

Demikianlah beberapa cara mudah memilih bibit belut berkualitas yang semoga bermanfaat.