Cara Perawatan Ikan Hias Guppy untuk Hobi yang Mudah

Daftar isi konten

Memelihara ikan hias guppy bisa dibilang gampang-gampang susah. Dikatakan mudah karena guppy termasuk jenis ikan yang tidak terlalu menuntut kondisi lingkungan air untuk kehidupannya. Ikan guppy dapat hidup dan berkembang dengan baik asalkan mendapatkan oksigen dan makan yang cukup.

Sedangkan sulitnya, jika ada melakukan perawatan di akuarium, maka anda perlu rajin memberinya makan karena kolam akuarim tak menyediakan makanan secara alami.

Anda pun mungkin perlu sedikit repot dalam membuat gelembung air buatan agar kondisi air tetap menyediakan oksigen yang cukup untuk guppy. Cara perawatan ini tak ubahnya yang dilakukan dalam budidaya ikan ar tawar.

Cara Perawatan Ikan Hias Guppy

Guppy yang juga dikenal dengan nama nama Poecilia reticulata guppy merupakan jenis ikan hias yang berasal dari rawa-rawa. Ikan jenis ini berkembang biak dengan cara beranak.

ikan hias guppy

Dalam memelihara jenis ikan hias ini Anda tak harus melakukannya dalam wadah akuarium karena anda juga dapat melakukannya dalam taman kolam ikan di sekitar rumah anda, baik kolam outdoor maupun indoor atau kolam dalam ruangan.

Jika Anda ingin memelihara ikan hias, bisa jadi ikan guppy merupakan pilihan yang paling baik. Bentuknya yang unik dengan tubuh kecil mungil berwarna-warni dan memiliki sirip ekor lebar yang cantik membuatnya sebagai salah satu jenis ikan hias paling popular dan terkenal di seluruh dunia.

Bahkan jika dibandingkan dengan ikan koki, guppy dikenal lebih tinggi daya tahan hidupnya dan juga pemeliharan maupun perawatannya lebih mudah. Selain mengasyikkan, memelihara ikan hias guppy juga bisa menghadirkan suasana dalam rumah kita yang lebih asri, alami, dan menyenangkan.

Sebenarnya ada banyak jenis ikan hias guppy dan umumnya dikategorisasikan berdasarkan bentuk ekornya yang cantik. Ada jenis guppy ekor lebar atau wide tail, guppy ekor panjang atau sword tail, serta jenis guppy ekor pendek atau short tail. Informasi detail, kunjungi syahara fish.

Dari berbagai jenis ikan hias guppy inilah tak sedikit peternak atau petani ikan yang kemudian melakukan pembiakan guna memperoleh varietas guppy yang lebih unggul, baik dari segi kualitas dan daya hidupnya maupun warna atau bentuknya yang lebih menarik dan cantik. Ikan Guppy Ribbon atau Swallow merupakan jenis haisl pengembangbiakan berbagai guppy yang ada.

Demikianlah beberapa langkah penting cara perawatan ikan guppy di akuarium yang bisa Anda lakukan. Dengan perawatan yang telaten, ikan hias ini akan mampu berkembang biak secara optimal.