Harga Lampu Tenaga Surya Untuk Rumah, Murah tapi tak Murahan

Dengan harga yang tak jauh berbeda dengan lampu biasa, lampu bertenaga surya ternyata memiliki beberapa manfaat penting yang mungkin pas di hati kamu.

Lampu tenaga surya ini dijual dengan berbagai macam harga disesuikan dengan ukuran, tujuan, dan merk yang digunakan.

Tak jarang beberapa solar lamp manufacturer menjualnya dengan harga di atas rata-rata saat mereka menyodorkan produk berkualitas tinggi.

Tapi kita tak akan membicarakan harga dari merk secara spesifik, melainkan melihatnya secara umum saja.

Secara rata-rata, lampu berukuran kecil seperti yang ditujukan untuk penerangan isian rumah atau taman biasanya dihargai antara 30-100 ribu per satunya.

Ada pula varian yang lebih mahal hingga mencapai ratusan ribu untuk kebutuhan yang lebih besar.

Harga segitu sudah bisa kamu temukan secara bebas di toko tertentu atau bahkan toko online.

Cara Membuatnya Menyala Lebih Lama

Tapi semurah-murahnya lampu tenaga surya yang kita gunakan, tetap ada cara agar membuatnya nampak lebih bagus, berkualitas, efektif, dan mewah.

Selain daripada pendandanan, juga cara merawatnya yang harus dilakukan tanpa setengah-setengah.

Tidak seperti kebanyakan lampu biasa, lampu tenaga surya (atau bagian panelnya) haruslah terkena sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari ini akan mencapai panel surya yang kemudian menghasilkan listrik dan disimpan ke dalam baterai lampu tersebut.

Saat hari mulai gelap, varian otomatis akan menyala dengan sendirinya dan mati dalam 2 kondisi, yaitu saat matahari terbit (dunia mulai terang) atau habis dayanya.

Jika ingin membuatnya tetap awet, maka ada 4 tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Ganti baterai. Daripada harus membeli lampu baru, mending periksa dulu apakah baterainya yang bermasalah atau bukan.
  • Lihat lingkungan. Jika banyak debu atau polusi berterbangan, maka kamu harus lebih rajin membersihkannya.
  • Hati-hati efek dingin. Semisal kamu tinggal di Puncak Bogor atau lokasi dingin lainnya, maka tidak disarankan menggunakan lampu tenaga surya di luar ruangan.
  • Tempatkan di area terang. Sekalipun matahari pada hari tersebut meredup, tapi setidaknya masih mendapatkan daya sekalipun hanya sedikit.

Para produsen mengatakan bahwa jika lampu tenaga surya dirawat dengan sangat baik, maka usianya bisa bertahan hingga 30 tahun lamanya (tidak termasuk baterai).