Kenali Syarat dalam Ekspedisi dan Pengiriman Kargo

Bicara soal logistik, tentu tidak melulu soal ekspedisi dan kargo. Bagi Anda pengguna jasa Jasa Ekspedisi Surabaya Tarakan Tarif Termurah  yang masih bingung dengan istilah-istilah dalam Ekspedisi dan pengiriman Kargo, ada beberapa istilah umum logistik lainnya yang tidak kalah penting dan perlu diketahui.

Pada artikel kali ini akan kami rangkum secara lengkap istilah-istilah dalam shipping dan cargo khususnya Jasa Ekspedisi Surabaya Tarakan Tarif Termurah. Untuk itu, simak terus artikel ini sampai habis ya.

Apa itu Ekspedisi?

Ekspedisi adalah pengiriman barang (KBBI). atau perusahaan yang memiliki fokus pada pengangkutan barang ke berbagai tujuan. Yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang dan memiliki tarif yang murah. Jasa ekspedisi saat ini sudah banyak di manfaatkan oleh pemilik took online yang ingin mengirimkan barang menuju tempat yang jauh.

Ekspedisi berarti pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Ekspedisi juga memiliki arti “perjalanan” dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh, dalam hal ini lebih mengacu pada konteks pemindahan barang. Yang dimaksud dengan “ekspedisi” lebih kepada perusahaan jasa angkutan barang skala kecil, menengah, atau besar, dengan tarif yang relatif murah seperti bahan bangunan, kebutuhan pokok, perabotan, dan sebagainya.

Apa itu Kargo?

Sedangkan menurut KBBI, arti kata kargo (KBBI) adalah muatan barang yang akan dikirim dengan muatan yang besar baik melalui darat, laut, maupun udara dengan jarak yang cukup jauh yaitu antar kota, antar provinsi. dan antar negara. Digunakan dalam pengiriman barang dalam skala besar dan juga dengan harga murah. misalnya: pengiriman alat berat, material, partai besar, mesin pabrik, dan sebagainya

Beberapa Ketentuan dalam Ekspedisi dan Pengiriman Kargo

Dalam kegiatan Ekspedisi Kargo ada beberapa istilah yang umum digunakan. Berikut kami rangkum beberapa istilah dalam pengiriman Ekspedisi dan Kargo diantaranya;

FCL ((Full Container Load)

FCL (Full Container Load) adalah jenis pengiriman barang yang menggunakan skala besar dalam container penuh. Pada dasarnya barang peti kemas hanya memiliki satu pengirim/perusahaan yang tidak tercampur dengan barang orang lain.

LCL (Less Container Load)

LCL (Less Container Load) adalah jenis pengiriman barang dalam skala besar dengan menggunakan container, namun dalam satu container terdapat barang dari pengirim lain yang memiliki rute yang sama. Misalnya untuk pengiriman barang elektronik, mesin, sepeda motor, pabrik, dll.

Volume atau Berat Volumetrik

Volume atau Berat Volumetrik adalah berat yang didapat dari hasil pengukuran dimensi barang dalam cm, setelah itu akan dihitung rumus untuk mengetahui berat volume.

Palet

Palet adalah lapisan kayu yang disusun satu arah di antara balok melintang, digunakan untuk menumpuk beban sehingga dapat diangkat sekaligus.

Koli

Koli adalah satuan barang bawaan atau konsinyasi (KBBI). Satu koli bisa berupa satu karung, satu kardus, satu kotak, dan sejenisnya.

Shipper

Shipper adalah pelanggan/pelanggan yang mengirimkan barang atau menyewa truk melalui jasa ekspedisi. Pengirim dapat berupa individu atau perusahaan.

Gudang

Gudang adalah suatu lokasi yang digunakan untuk menyimpan barang sementara kemudian akan didistribusikan ke tempat-tempat yang telah ditentukan, dapat didistribusikan ke alamat penerima atau ke gudang ekspedisi di kota lain.

Daftar muatan kapal

Bill of lading (BL) merupakan dokumen yang di jadikan sebagai tanda terima atau bukti pengiriman serta pengembalian barang. BL ini juga juga memiliki fungsi sebagai bukti perjanjian pengangkutan barang  dan bukti kepemilikan barang.