Kerugian Jika Sampai Hari Ini Kamu Belum Mengurus Pajak

Pajak menjadi salah satu komponen pendapatan yang cukup potensial bagi keuangan negara. Bagaimana tidak? Jika kita melihat pada data statistik yang ada, kita akan mendapati bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk yang potensial untuk menjadi wajib pajak. Data ini mengindikasikan adanya peluang baik yang dapat dimanfaatkan. Uang yang terkumpul dari hasil pengumpulan pajak dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memutus mata rantai kemiskinan. Oleh karena itu, sebagai warga negara dan wajib pajak yang baik, kita sebaiknya membayar pajak tepat waktu. 

Pelunasan pembayaran pajak adalah kewajiban bagi seluruh warga negara, kecuali bagi mereka yang dibebaskan oleh peraturan perundang-undangan. Karena sifatnya yang memaksa, maka negara memberikan sanksi bagi wajib pajak yang tidak membayar pajak. Sanksi yang diberikan dapat berupa denda, pengenaan bunga, dan kenaikan besaran nilai pajak. Penggunaan sanksi ini ditujukan agar wajib pajak patuh menjalankan kewajiban perpajakan. 

Pemberian sanksi dapat berupa teguran maupun tindakan tegas seperti penyanderaan.  Tindakan penyanderaan merupakan cara terakhir yang dilakukan oleh pemerintah kepada wajib pajak yang mangkir dari pelunasan pajak. Penyanderaan ini dilakukan selama 6 bulan dan dapat diperpanjang paling lama 6 bulan. Mayoritas wajib pajak yang disandera merupakan wajib pajak yang memiliki utang pajak sebesar Rp 100 juta. Tindakan ini menjadi bukti nyata bahwa pemerintah tidak main-main dalam menegakkan peraturan perpajakan. Tujuannya hanya satu yakni wajib pajak menyadari kewajibannya. 

Macam-Macam Sanksi Berdasarkan Jenis Pajak

Pada bagian sebelumnya, penulis sudah menjelaskan tentang pentingnya membayar pajak. Salah satunya karena pajak yang terkumpul dapat digunakan sebagai alat pemerataan kesejahteraan sosial. Seperti yang kita ketahui, tingkat kemiskinan dan jumlah orang miskin di Indonesia dapat dikatakan masih cukup tinggi. Pada konteks inilah pajak menemukan relevansinya. Oleh karena itu, pembayaran pajak sebaiknya dilakukan tepat waktu sehingga rencana pembangunan yang ada dapat terlaksana dengan baik. Mengenai regulasi dan hal-hal lain terkait pembayaran pajak yang benar, Anda dapat konsultasikan kepada Jasa Konsultan Pajak terpercaya seperti Konsultan Pajak Jakarta. Lalu, bagaimana caranya agar wajib pajak membayar pajaknya tepat waktu? 

Sanksi merupakan upaya preventif yang diambil oleh direktorat pajak untuk menertibkan wajib pajak. Apa saja bentuk sanksi yang diberlakukan tersebut? Berikut akan dijelaskan 

  1. Sanksi Administrasi: bunga, denda, kenaikan besaran pajak yang harus dibayar. 
  2. Sanksi pidana. Sanksi pidana yang diberikan oleh direktorat dapat berupa kurungan penjara selama 6 bulan sampai 6 tahun.