Mengenal Sistem COD dalam Jasa Ekspedisi Rote Ndao

Beberapa waktu terakhir ini metode pembayaran dengan sistem COD menjadi ramai diperbincangkan. Hal ini terutama bagi konsumen yang melakukan pembelian daring dan pengantaran dilakukan oleh kurir jasa ekspedisi Rote Ndao dan sekitarnya.

Pembayaran semacam ini terbukti cukup membantu, terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses pada dunia perbankan. Namun sayangnya, kemajuan teknologi yang satu ini belum dibarengi dengan kesadaran masyarakat tentang sistem tersebut.

Mengenal Sistem COD dalam Jasa Ekspedisi Rote Ndao

Walaupun cukup populer, tapi sistem pembayaran semacam ini masih kerap menimbulkan kekeliruan. Dengan memahami penjelasan singkat di bawah ini, diharapkan semakin banyak orang yang paham tentang sistem COD.

Apa Itu COD?

COD berasal dari singkatan Cash On Delivery. Diambil dari asal katanya, maka bisa disimpulkan bahwa COD merupakan sistem pembayaran yang dilakukan konsumen pada pihak ketiga, yaitu kurir, saat menerima paket.

Jadi konsumen tidak membayar langsung kepada pihak pengirim barang, melainkan melalui kurir. Nantinya pihak kurir yang akan meneruskan pembayaran tersebut.

Kurir Tidak Bertanggung Jawab Atas Isi Paket

Anda pasti sering mendengar berita bahwa ada kurir paket dengan sistem COD yang dimaki oleh pelanggan karena isi paket tidak sesuai yang diharapkan. Hal ini tentu sebuah kekeliruan yang harus diluruskan.

Sebagai jasa ekspedisi atau pengiriman, maka kurir hanya bertanggung jawab dalam pengiriman paket. Soal isi paket dan kesesuaiannya dengan pesanan, murni adalah tanggung jawab dari pengirim paket.

Jadi alih-alih meluapkan amarah kepada kurir, ada baiknya untuk konfirmasi kepada pihak penjual terlebih dahulu. Selain itu, penerima paket wajib untuk membayar kepada kurir sesuai dengan resi yang tertera. Hal ini wajib karena sudah menjadi kesepakatan di awal saat terjadi transaksi.

Lebih Fleksibel

Ada kalanya semua uang yang ada di ATM sudah diambil semua, tetapi Anda ingin membeli sebuah barang. Keberadaan sistem COD mempermudah hal tersebut. Anda masih bisa membeli barang dan membayarnya dengan tunai setelah barang tersebut sampai.

Namun tentu, Anda lebih baik menyiapkan uang tunai sesuai dengan nominal yang sudah disepakati. Hal ini untuk memudahkan kurir sehingga mereka tidak perlu mencari uang kembalian. Selain itu, transaksi juga jadi lebih cepat.

Keberadaan sebuah sistem pembayaran yang terus diperbarui memang bertujuan untuk mempermudah konsumen. Namun alangkah baiknya, sebelum menggunakan sistem COD pada mas cargo express , konsumen mempelajari terlebih dahulu keuntungan dan kelemahannya.