Cara Mengendarai Mobil Otomatis KIA yang Benar

Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Otomatis KIA yang Benar

Saat ini mobil KIA otomatis banyak dipilih karena cara mengendarainya yang tergolong mudah. Walaupun begitu, kenyataannya tak sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Ada banyak sekali pengemudi pemula yang tidak paham benar cara menggunakannya. Daripada bingung, berikut ini adalah cara mengemudi mobil KIA otomatis yang benar dan aman.

Cara Mengendarai Mobil KIA Otomatis Bagi Pemula Yang Benar

  1. Tuas harus diposisi yang benar

Cara mengemudi MOBIL KIA otomatis yang paling pertama adalah memastikan posisi tuas dalam keadaan benar. Sebelum mobil nyala, tuas harus dalam posisi P atau bisa juga dengan posisi N. Dan, pastikan tuas sedang tidak di posisi R yang artinya posisi mundur. Mobil otomatis adalah mobil yang bisa dihidupkan hanya jika posisi tuas berada pada posisi P atau N.

  1. Jangan langsung hidupkan mesin

Cara mengemudi mobil KIA otomatis bagi pemula yang benar adalah ketika sudah memasukkan kunci di lubang, alangkah baiknya untuk menunggu beberapa saat terlebih dulu. Tunggu hingga jarum berputar dan indikator aktif, jika sudah barulah mesin bisa dihidupkan.

onderdil mobil kia

Tetapi, pada beberapa jenis mobil otomatis akan memberikan suara jika mobil sudah siap dan menyala. Jika sudah siap, maka nyalakan mesin mobil agar bisa dikendarai.

  1. Injak pedal rem saat melakukan starter

Pada beberapa jenisĀ  mobil otomatis tidak akan hidup apabila bagian pedal rem tidak diinjak. Itulah sebabnya, jika ingin menyalakan mobil, injaklah bagian rem. Tetapi, ada juga beberapa mobil otomatis yang tidak mengharuskan menginjak rem terlebih dulu. Untuk itu, pastikan ketahui jenis kendaraan seperti apa yang ingin digunakan nantinya.

  1. Tekan pedal gas saat ingin memindahkan tuas

Ketika mesin mobil sudah nyala, maka selanjutnya adalah pindahkan posisi tuas. Pindahkan ke posisi R atau D. Tetapi, alangkah baiknya untuk menekan pedal rem saat ingin memindahkan tuas persneling. Hal ini bertujuan agar risiko kerusakan mesin pada mobil otomatis bisa dihindari.

  1. Gunakan mode berkendara

Kini kebanyakan mobil otomatis juga sudah dilengkapi riding mode. Menggunakan riding mode adalah cara mengemudi mobil KIA otomatis dengan mudah. Mode ini merupakan mode yang sangat cocok untuk dibawa berkendara dengan santai.

Tetapi jika menginginkan kecepatan yang cukup tinggi, gunakanlah mode sport. Mode sport ini berfungsi agar performa mesin mobil menjadi berkualitas dan maksimal.

  1. Pahami tuas transmisi

Tuas transmisi sering disebut dengan persneling yang merupakan komponen penting dalam mobil. Karena mobil otomatis memiliki aturan transmisi sendiri, maka akan sangat penting untuk dipahami. Baik dari segi fungsi, kegunaan, dan lainnya.

Jika sudah dipahami betul, maka kesalahan dalam hal memindahkan gigi pada transmisi tidak akan terjadi. Jadi, pastikan untuk diingat dan dipahami dengan baik-baik.

  1. Gunakan transmisi manual

Proses transisi manual ini adalah proses yang sangat mudah. Caranya, cukup operasikan posisi pemindahan tuas mode manual. Jika ingin melakukan pemindahan gigi, geser tuas (+) yang artinya menambah gigi.

Untuk mengurangi gigi, bisa tekan (-). Tetapi, untuk menggunakan mode ini, tekan pedal rem terlebih dahulu. Tak hanya itu saja, untuk melakukan perpindahan gigi ini mobil tidak perlu lagi menginjak kopling. Jadi, sangat mudah bukan?

Terdengar mudah, tetapi mobil otomatis memiliki banyak sekali teknik yang harus dikuasai. Terlebih lagi saat mobil melintas di turunan maupun tanjakan yang memiliki tantang tersendiri. Mungkin, informasi cara mengemudi mobil KIA otomatis tadi dapat membantu semua orang yang bingung tentang cara memakainya dengan baik dan benar.