Nomor kartu ATM

Daftar isi konten

Nomor kartu ATM adalah digit pengenal yang terdiri dari 16 angka pada bagian depan kartu dan berisikan informasi dan identitas nasabah. Oleh karena itu, nasabah diminta untuk merahasiakan nomor di kartu ATM dari siapa pun. Ketika membuka rekening tabungan di bank, maka nasabah lazimnya akan mendapatkan kartu ATM selain buku tabungan. Di bagian depan, terdapat nomor kartu ATM.

Akan tetapi, banyak orang yang menganggap jika nomor kartu atm atau nomor kartu bri dengan nomor rekening sama. Padahal hal tersebut tentunya berbeda, sehingga banyak yang masih bingung dimana letak nomor kartu atm bri, jika pada saat keperluan yang tertentu untuk memasukkan nomor kartu debit bri atau nomor kartu atm yang lainnya. Sehingga, anda jangan sampai pada saat anda diminta untuk memasukkan nomor kartu atm anda malah memasukkan nomor rekening, begitu juga sebaliknya.

Fungsi Nomor Kartu ATM

 

Nomor kartu ATM atau nomor kartu debit yakni 16 digit angka yang ada dibagian depan kartu dan berfungsi untuk penunjuk identitas kartu. Karena setiap digit angka pada kartu ATM memiliki arti yang tersendiri. Berikut makna setiap angka yang ada di nomor kartu ATM, yaitu:

  1. Apabila digit pertama menggunakan angka 4 berarti nomor kartu tersebut menggunakan jaringan visa. Sedangkan, apabila digit pertama menggunakan angka 5 berarti nomor kartu tersebut menggunakan jaringan mastercard.
  2. Lima digit setelah angka pertama yakni menunjukan identitas dari bank penerbit kartu, sedangkan Sembilan digit lainnya yakni identitas dari pemilik kartu tersebut. Maka dari itu, anda harus merahasiakan nomor kartu debit atau kartu ATM dari siapa saja, hal ini untuk mencegah penyalahgunaan kartu. Apabila ada seseorang yang meminta nomor kartu ATM, maka pastikan dari pihak bank.

Bagi anda yang ingin mengetahui nomor kartu ATM, akan tetapi terkadang anda bingung letak nomor kartu atm, mungkin untuk yang belum mengetahui bagaimana cara mengetahui nomor kartu ATM, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda sekaligus menambah pengetahuan.