Peluang Usaha Ternak Ikan Gurame yang Menguntungkan

Daftar isi konten

Peluang usaha ternak ikan gurame tidak butuh modal besar. Dengan lahan seadanya kita bisa memulainya dari rumah. Yang menarik, bisnis ini sangat menjanjikan keuntungan berlipat.

Ikan air tawar kini menjadi makanan yang diburu masyarakat dan telah menjadi hidangan favorit bagi sebagian orang. Diantara ikan air tawar yang paling populer adalah ikan gurame.

Ikan gurame mempunyai kelebihan rasanya yang gurih, enak, dagingnya padat, dan durinnya besar sehingga mudah untuk dimakan. Ikan gurame mengandung protein yang tinggi, vitamin, dan mineral yang penting untuk memenuhi nutrisi.

Karena itulah usaha budidaya ikan gurame memiliki prospek yang bagus karena nilai jualnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Untuk modal usaha ternak ikan gurame tak terlalu mahal sebab kolam dapat dibuat dengan menggunakan terpal dan rangka bambu yang sangat hemat.

Peluang Usaha Ternak Ikan Gurame

Pengeluaran terbesar usaha ternak ikan gurame ada pada pakannya. Pakan ikan gurame berapa pelet. Namun sebagai hewan omnivora, ikan gurame dapat memakan banyak jenis tumbuhan ataupun hewan sehingga tak perlu terlalu memusingkan perihal pakan.

Hal yang membuat usaha ternak ikan gurame mempunyai prospek yang bagus adalah karena harga jualnya yang tinggi jauh diatas modal yang dikeluarkan. Ikan gurame juga ikan yang kuat, tak mudah sakit, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Angka kematian ikan gurame jauh dibawah jenis ikan lainnya.

Usaha terak ikan gurame sangat cocok bagi anda yang ingin budidaya ikan dengan modal rendah dan dengan lahan yang terbatas. Saat ini harga ikan gurame berkisar antara Rp. 20.000,- hingga Rp. 40.000,- per Kg.

Jika anda ingin beternak ikan gurame ini secara serius maka anda dapat membangun kolam dengan ukuran 8 x 10 x 1 meter persegi. Untuk benihnya sebanyak 1500 ekor yng bisa Anda beli dari grosir benih dan bibit ikan terdekat. Pelet sebanyak 25 sak. Terkhir berupa obat-obatan.

Untuk kepadatan ikan gurame yang disarankan adalah 20 ekor untuk setiap meter persegi. Apabila ikan gurame terlalu padat maka nantinya akan ada masalah pada pertumbuhan ikan gurame.

Ikan gurame yang dipelihara di kolam yang telalu padat dapat menghasilkan ikan gurame dengan ukuran yang tidak seragam. Setelah 10 bulan, peluang usaha ternak ikan gurame sudah dapat dipanen dan beratnya mencapai 1 Kg dengan harga Rp. 25.000,- per Kg.