Rute Pengiriman Cargo Jakarta ke Pontianak

Kapal laut merupakan salah satu moda transportasi yang bisa digunakan untuk mengirim barang dalam bentuk kargo. Contohnya  ekspedisi murah jakarta Pontianak, jika menggunakan kapal biasanya akan dihadapkan pada dua rute yang dipakai, yaitu rute linier dan tramper.

Lalu, apa perbedaan kedua rute tersebut? Perlu Anda ketahui juga bahwasanya baik rute linier dan tramper keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Rute Pengiriman Cargo Jakarta ke Pontianak

Perjalan kapal tentunya menempuh rute yang berbeda-beda, begitu juga dengan jenis atau pola rutenya. Pola rute kapal pengiriman barang ada dua, yaitu:

7 cargo jakarta ke pontianak

1.     Pola Linier

Pola linier adalah pola perjalanan kapal pengiriman barang yang tetap, sudah memiliki waktu yang terjadwal. Jadwal keberangkatan dan kedatangannya juga bersifat tetap dan sulit untuk diubah-ubah kembali. Kapal kontainer banyak yang menggunakan pola rute ini.

Kelebihan pola ini adalah barang yang dimuat akan sampai tepat waktu dan tarifnya pun tidak rusak atau tidak berubah-ubah seperti dalam pola tramper. Kelemahannya, jika terjadi pembatalan terhadap pengapalan barang, maka perusahaan pelayaran berhak untuk menuntut ganti rugi.

Selain itu, untuk melakukan klaim terhadap kerusakan barang juga akan diproses lebih cepat. Intinya, pola linier ini lebih teratur dan lebih kaku dibandingkan dengan pola tramper.

2.     Pola Tramper

Bisa dikatakan bahwa pola tramper adalah pola yang tidak terjadwal seperti pola linier. Kapal tipe ini berlayar bebas atau tidak memiliki ketentuan formal. Kelebihan rute ini adalah memberikan penghasilan yang lebih banyak dan tarifnya bisa disesuaikan dengan situasi harga.

Kelemahannya, tentu saja barang yang dikirim tidak selalu tiba tepat waktu. Selain itu, jika barang yang dikirim lewat kapal dengan rute ini mengalami kerusakan dan Anda meminta ganti rugi, maka akan memerlukan waktu yang lama untuk bisa diproses.

Belum lagi keterlambatan pengiriman barang juga sangat merugikan, terlebih jika barang yang dititipkan sifatnya sedikit atau justru sangat darurat.

Cargo Jakarta ke Pontianak Mas Cargo jalur laut tentunya akan tepat waktu agar Anda tidak mengalami kerugian waktu. Pengiriman juga dijamin aman, sehingga dapat meminimalisir adanya kerusakan barang ketika sampai di tempat.