Tugas Copywriting yang Bejibun, Tapi Memberi Dampak Besar

Tak hanya menulis artikel saja, tugas copywriting itu sangatlah banyak dan vital bagi sebuah produk yang dipasarkan atau merk perusahaan yang tengah dikembangkan.

Copywriter, atau penulis pemasaran bertanggung jawab untuk menghasilkan teks yang menarik dan jelas. Kemudian dapat diaplikasikan pada berbagai mmaca saluran periklanan seperti situs web, iklan cetak, dan katalog.

Beberapa tugas copywriting yang vital lainnya berupa meneliti kata kunci, menghasilkan konten tertulis yang menarik hati untuk dibaca, dan mengoreksi pekerjaan mereka untuk akurasi dan kualitas.

Meskipun memang tedengar santer, tetapi secara prakteknya kita bisa melakukannya dengan terarah selama ditulis dan direncanakan dengan baik sebelum beraksi.

Cara Memberikan Tugas Copywriting

Tugas tersebut tentunya diberikan entah untuk diri sendiri maupun penyedia jasa. Dengan menuliskan poin-poin penting yang ingin dimasukan ke dalam copywriting secara terperinci, maka akan menghindari kesalahpahaman atau miss komunikasi antara kamu dan penyedia layanan.

Juga bermanfaat untuk mempercepat proses pekerjaan pembuatan copywriting tersebut jika dilakukan oleh diri kita sendiri.

Beberapa rencana yang harus kamu tetapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan jenis teks. Sebagian besar memang bersifat persuasif, akan tetapi cara penyampaiannya bisa saja berbeda. Misalnya untuk website atau skrip video.
  • Tentukan tujuan teks. Apakah dibuat untuk memperkenalkan produk, brand awareness, atau penjualan?
  • Jelaskan target market yang akan membaca. Misalnya ibu muda, kakek nenek, jomblo akut, dan lain sebagainya.
  • Tunjukan lokasi dimana copywritingakan didistribusikan. Misalnya iklan, mailing list, website, dan lain sebagainya.
  • Tentukan jumlah kata. Semakin banyak tentunya semakin mahal.
  • Sertakan pemikiran pribadi di dalamnya. Misalnya berupa quote.
  • Mengintip kompetitor sebagai inspirasi, gambaran, dan contoh dari copywriting.
  • Berikan keyword yang sesuai.
  • Informasikan produk kita sedetail mungkin.

Dari sini saja penulis copywriting sudah tahu hal apa saja yang harus mereka lakukan. Tugas copywriting pun akan semakin ringan dan pekerjaan pun bisa lebih cepat selesai.

Tak ada pekerjaan yang lebih baik daripada hasil yang cepat dan memuaskan. Untuk menggapainya, tentu harus ada persiapan yang matang.