Variasi Jenis Sayuran pada Bubur Tim Sayur Bayi

Sebagai tambahan bahan makanan dalam bubur tim sayur Biasanya para ibu menambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam sajian tersebut. Tentu saja bentuknya harus disesuaikan yaitu dalam keadaan lembut sehingga mudah dikunyah oleh bayi yang baru saja belajar makan.

Tentunya semua jenis sayur dapat dimasukkan kan bagai salah satu pilihan untuk memberikan rasa serta tambahan nutrisi pada bubur tim bayi. Namun perlu diperhatikan pula jumlahnya jika terlalu sedikit maka bayi akan mengalami kekurangan serat. Begitupun sebaliknya jika terlalu berlebih maka bayi akan mengalami sembelit

Variasi Sayur pada Bubur Tim Sayur Bayi

Pada prinsipnya ibu dapat menambahkan segala jenis sayuran pada bubur tim sayur yang akan diberikan kepada bayi. Namun terdapat beberapa pilihan jenis sayur yang yang memiliki konsistensi lebih lunak dibandingkan dengan yang lainnya.

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak ditambahkan pada bubur tim bayi selain bayam. Sayuran Ini mengandung betakaroten dan kaya dengan vitamin A. Terdapat pula vitamin C, niacin, folat, kalsium, magnesium, dan zat besi yang semuanya mendukung tumbuh kembang bayi.

Selain itu penambahan wortel pada makanan bayi memberikan variasi warna kuning kemerahan pada bubur yang berwarna putih sehingga sajian akan tampak lebih menarik. Demikian dengan demikian dapat meningkatkan selera makan pada bayi.

Labu Kuning

Sayuran yang satu ini jika dikukus rasanya akan lebih manis serta konsistensinya lembut sehingga cocok untuk bahan tambahan bubur tim bayi. Labu kuning memiliki lemak yang sangat rendah namun tinggi serta serat serta mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik. Kaya pula dengan antioksidan, potassium, dan vitamin C.

Labu kuning mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan bayi. Serta membantu bayi tidur lebih nyenyak karena kaya dengan tryptophan yang membantu tubuh memproduksi hormon serotonin sehingga tidurnya lebih berkualitas.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang banyak dimanfaatkan sebagai variasi pada pembuatan bubur tim bayi. Selain kaya dengan kalsium bayam juga memiliki zat besi dalam jumlah yang banyak. Vitamin A dan selenium yang terkandung pada sayuran ini membantu bayi mendapatkan tulang yang kuat serta kualitas kekebalan tubuh yang lebih baik.

Brokoli

Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Kaya dengan vitamin C vitamin A serta B kompleks. Juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada bayi.

Penambahan beberapa jenis sayur pada bubur tim sayur yang akan diberikan ke bayi Dapat memperkaya rasa serta memberikan tambahan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.  Namun perlu Ibu perhatikan jumlah serta frekuensi pemberian pada bayi  karena terlalu banyak ataupun terlalu sedikit akan mengganggu pencernaannya.