Virus Penyebab Demam Berdarah dan Diagnosisnya

Demam berdarah dengue (DBD) dapat menyerang siapa saja, tua atau muda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar setengah dari populasi dunia berisiko terkena penyakit ini. Indonesia sendiri juga merupakan negara rawan DBD dengan jumlah kasus yang cukup tinggi. Lalu, apa penyebab demam berdarah dengue?

Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah dengue disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus dengue masuk ke dalam darah manusia melalui gigitan nyamuk. Biasanya nyamuk ini menggigit pada pagi dan sore hari. Penularan virus dengue terjadi ketika orang yang terinfeksi digigit nyamuk. Virus dari orang yang terinfeksi akan dibawa oleh nyamuk dan akan menulari orang lain yang digigit nyamuk tersebut.

Faktanya, seseorang yang telah terinfeksi virus dengue lebih mungkin untuk terinfeksi kembali dengan gejala yang lebih parah. Selain telah terinfeksi virus dengue, faktor lain yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena demam berdarah adalah tinggal di atau bepergian ke daerah tropis. Demam berdarah juga berisiko lebih tinggi untuk bayi, anak-anak, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Virus penyebab demam berdarah dengue (DBD)

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk betina Aedes aegypti dan nyamuk Aedes albopictus yang membawa virus dengue. Ada 4 jenis virus penyebab demam berdarah dengue, yaitu virus DENV-1, DENV-2, DENV-3 dan DENV-4. Namun perlu dipahami bahwa tidak semua nyamuk Aedes membawa virus dengue.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, nyamuk Aedes betina dapat terinfeksi virus dengue jika sebelumnya nyamuk tersebut menghisap darah orang yang terinfeksi virus tersebut. Viremia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tingginya jumlah virus di dalam tubuh.

Viremia dapat dimulai 2 hari sebelum timbulnya demam sampai 5 hari setelah deteksi pertama. Ini juga sering disebut sebagai demam akut. Virus memasuki tubuh nyamuk yang sehat dan kemudian berkembang biak dalam 8-12 hari. Setelah masa inkubasi berakhir, itu berarti virus aktif dan nyamuk dapat mulai menginfeksi manusia melalui gigitannya.

Begitu nyamuk pembawa virus menggigit seseorang, virus masuk dan bersirkulasi dalam darah manusia untuk mulai menginfeksi sel-sel sehat di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, sistem kekebalan tubuh menciptakan antibodi khusus yang bekerja dengan sel darah putih untuk melawan virus.

Respon imun juga mencakup pelepasan sel T sitotoksik (limfosit) untuk mengenali dan menghancurkan sel tubuh yang terinfeksi. Keseluruhan proses ini kemudian memunculkan berbagai gejala demam berdarah. Gejala demam berdarah biasanya mulai muncul sekitar 4 sampai 15 hari setelah digigit nyamuk.

Diagnosis Demam Berdarah

  • Dokter akan menanyakan keluhan pasien dan riwayat terjadinya DBD di rumah. Jika ada tanda dan gejala yang menunjukkan demam berdarah, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik dilakukan untuk mencari tanda-tanda seperti ruam, pembesaran kelenjar getah bening, atau pembesaran hati.
  • Dokter mungkin melakukan tes tourniquet menggunakan monitor tekanan darah. Tujuannya untuk melihat kerapuhan pembuluh darah pasien dalam menghadapi pendarahan. Dokter juga dapat melakukan tes lain untuk pasien demam berdarah.
  • Hitung darah lengkap 1-3 hari pertama, untuk mengetahui kadar sel darah putih, trombosit dan hematokrit dalam darah, yang bisa menjadi tanda adanya kebocoran pembuluh darah.
  • Tes antigen NS1 pada hari ke 0-7 sejak timbulnya gejala, untuk mendeteksi adanya virus dengue.
  • Tes serologis IgG dan IgM biasanya dilakukan 4 sampai 5 hari setelah timbulnya gejala, untuk mendeteksi antibodi terhadap virus dengue.
  • Periksa fungsi hati, untuk menentukan apakah infeksi dengue menyebabkan komplikasi hati.

Semua pemeriksaan tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun pemeriksaan tetap harus dilakukan tergantung pada kondisi pasien karena ada yang bisa dengan melakukan rawat jalan namun ada yang sampai harus menjalani rawat inap. Asuransi kesehatan dari Super Easy Health akan meringankan beban keuangan Anda dengan perlindungan yang lengkap untuk keluarga.